Mengenal Apa Itu Malware dan Jenisnya

http://kodeinternet.blogspot.com/2015/12/mengenal-apa-itu-malware-dan-jenisnya.html

Di era teknologi informasi banyak bermunculan program program cerdas yang terintegrasi dengan jaringan internet yang membanu memudahkan kita dalam menyelesaikan pekerjaan, seiring berkembangnya dunia teknologi informasi munculnya ancaman keamanan juga semakin tinggi, dalam dunia internet biasa disebut malware, mungkin yang paling sering kita dengar adalah virus, yang sebenernya virus itu sendiri bagian dari malware, artikel kali ini akan mengenalkan apa itu Malware dan Jenisnya.


Apa Itu Malware

Malware atau Malicious Softwear adalah sebuah program yang dirancang untuk merusak sistem komputer secara sembunyi dengan tujuan mengubah atau mencuri data komputer yang terinfeksi.
Malware itu sendiri memiliki tujuan dan sifat yang berbeda-beda.

Jenis-Jenis Malware

ada banyak jenis malware yang telah meyebar di internet, berikut beberapa jenis malware yangpaling sering kita temui:
1. Virus
Jenis ini yang paling sering kita dengar, virus menyerang dengan cara menempel file berektensi .exe (execute) dan proses penyebarannya ketika file tersebut dijalankan oleh pengguna komputer yang kemudian virus akan menyebar dan mencari file-file lainya yang berektensi .exe.
2.Worm
Worm menyebar ke komputer melalui celah jaringan seperti LAN/WAN/INTERNET dan akan menyerang atau menggandakan diri secara mandiri atau tidak perlu bantuan pengguna komputer seperti virus.
3. Rootkit
Jenis ini dirancang untuk mengambil alih sistem dan memantau sistem yang disusupinya secara sembunyi, jenis ini lebih berbahaya dari virus atau worm, karena rootkit mampu merekam dan mencuri data seperti keylogin, cookies akun bank dan data penting lainya.
4. Trojan
Malware jenis ini juga cukup populer, trojan biasanya masuk ke komputer melalui file download ataupun lampiran email, trojan akan menyamar menjadi sebuah program yang seolah olah sangat berguna kemudian secara sembunyi trojan akan mereduksi tingkat keamanan komputer kita dan membuat sistem dapat diakses secara remote oleh siapa saja. trojan tidak dapat menduplikasi dirinya sendiri.
5. Browser Hijacker
Malware ini meyerang sebuah browser internet dengan cara merubah atau mengarahkan browser untuk membuka halaman situs tertentu.
Untuk mengatasi komputer yang terserang malware silahkan baca Cara Mengatasi Malware di Komputer dengan Cepat.
Demikian artikel Mengenal Apa itu Malware dan Jenisnya semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish