Belajar SEO Dengan Mudah dan Cepat

Belajar SEO Dengan Mudah dan Cepat
Bagi warga internet atau netizens tentu pernah mendengar kata SEO, dan akan menjadi keharusan untuk Belajar SEO dengan mudah dan cepat terutama bagi pelaku dunia web atau blogger. Untuk bloger atau pelaku web SEO sangatlah penting, tanpa SEO sama saja ketika kita punya produk untuk dijual tapi kita tidak punya sistem managemen marketing yang rapi dan hebat, dampaknya tentu produk kita akan dilupakan orang.
Sebenarnya untuk dapat belajar dan memahami SEO tidaklah sulit dan rumit, disamping niat untuk belajar kita juga harus tahu Apa Itu SEO dan manfaatnya, karena jika kita tidak tahu apa dan tujuan sesuatu yang kita pelajari tentu hasilnya tidak maksimal.

Apa Itu SEO (Search Engine Optimization)

Seperti yang sudah saya singgung diatas, SEO (Search Engine Optimization) dalam bahasa indonesia berati optimasi mesin pencari adalah sebuah teknik optimasi yang dikerjakan dengan tujuan untuk meningkatkan rating atau peringkat suatu web atau blog pada mesin pencari seperti google, yahoo, Bing dan lain sebagainya. semakin tinggi rating atau peringkat tentu akan semakin mudah suatu web untuk dikenali atau ditemukan oleh pengguna internet.

Mengenal SEO dan Fungsinya

Ketika kita mempunyai sebuah web atau blog tentu yang diharapkan adalah banyaknya pengunjung yang mampir atau melihat web atau blog kita, tentu tidak berarti apa-apa jika sebuah web atau blog yang berisi banyak artikel tetapi hanya sedikit atau bahakan tidak ada yang membaca. untuk itulah teknik SEO sangat diperlukan.

Secara sederhana Fungsi SEO adalah:
1. Menempatkan halaman web/blog diurutan atas mesin pencari, tujuanya ketika ada pengguna internet yang mencari sesuatu yang berkaitan dengan web/blog kita di mesin pencari (google, yahoo dll), maka web/blog kita lah yang akan muncul diurutan atas mesin pencari).
2. Meningkatkan pengunjung atau traffic web/blog, semakin atas posisi web/blog kita dimesin pencari, tentu akan semakin mudah pengunjung untuk menemukan web/blog kita dan tentu saja traffic pengunjung semakin tinggi.
3. Menaikan Pagerank atau peringkat web, istilah pagerank menjadi cukup penting dalam dunia SEO, karena nilai pagerank web/blog kita akan diikutsertakan dalam penilaian akhir untuk posisi web/blog dimesin pencari.

Pembagian SEO dalam optimasi BLOG
Secara garis besar SEO dibagi menjadi 2 bagian yakni SEO On Page dan SEO Off Page, agar hasilnya lebih maksimal kedua proses tersebut harus dilaksanakan.
1. SEO On Page
Optimasi SEO On Page menjadi sangat penting bagi suatu web/blog karena optimasi ini bekerja atau dijalankan dengan internal web/blog kita sendiri, dengan kata lain SEO On Page adalah suatu teknik optimasi halaman web/blog dengan beberapa langkah optimasi yang dikerjakan didalam web/blog itu sendiri.
Ada beberapa langkah yang harus dikerjakan dalam optimasi SEO On Page diantaranya,
  • Title Tag, yakni judul sebuah halaman atau bisa juga judul web/blog yang natinya akan dibaca oleh mesin pencari.
  • Meta Description, merupakan penjelasan sebuah halaman atau bisa juga ringkasan singkat sebuah halaman.
  • URL, Alamat sebuah web atau biasa disebut link yang tertuju pada suatu halaman ataupun web/blog.
  • Meta keyword, yakni kata kunci sebuah artiket ataupun web/blog untuk memudahkan mesin pencari menemukan artikel ataupun web/blog kita. kata kunci yang tepat akan ikut menentukan posisi suatu web/blog dalam mesin pencari.
  • Tag Heading 1, yaitu penempatan H1 sebagai judul sebuah halaman web/blog.
  • Template Blog SEO Friendly, pilih template yang ramah dan sudah SEO Friendly meski biasanya tempale bawaan blog sudah cukup SEO friendly tapi ada baiknya di cek dulu menggunakan tool dari google.
  • Buat Artikel Panjang, semakin panjang artikel suatu halaman akan semakin baik dalam mesin pencari.
Tentunya masih banyak teknik atau langkah dalam optimasi SEO On Page, namun demikian beberapa poin diatas sudah cukup untuk pertama kali menjalankan optimasi SEO On Page.

2. SEO Off Page
Seo off page merupakan kebalikan dari SEO On Page, yaitu suatu teknik optimasi halaman web/blog dengan beberapa langkah optimasi yang dikerjakan diluar web/blog itu sendiri.
Langkah yang harus dilakukan dalam optimasi SEO Off Page adalah dengan membangun backlink halaman ataupun web/blog kita, dalam artian kita meninggalakan link halaman web/blog kita pada halaman situs lain yang mempunyai pagerank tinggi.

Sekian artikel Belajar SEO Dengan Mudah dan Cepat, Semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish