Cara Mengatasi Malware di Komputer (laptop) Dengan Cepat

http://kodeinternet.blogspot.com/2015/12/cara-mengatasi-malware-di-komputer.html

Cara Mengatasi Malware di Komputer (laptop) Dengan Cepat Malware atau virus menjadi ancaman nyata bagi pengguna komputer apalagi jika komputer kita selalu terhubung dengan internet, malware masuk melalui banyak celah yang kadang kita tidak tahu karena malware itu sendiri memang dibuat untuk sengaja merusak sistem komputer dengan tujuan mengambil informasi yang penting di komputer kita.
kali ini kita akan membahas cara mengatasi malware virus di komputer (laptop) dengan cepat, tapi sebelumnya kita harus tahu apa yang dimaksud malware.

Apa itu Malware?

Bagi penguna internet mungkin pernah mendengar istilah malware, bahkan mungkin ada yang pernah terkena serangan malware di komputer atau laptop kita, malware lebih berbahaya daripada virus karena malware itu sendiri berisi virus, worm, trojan dan program program perusak lainya.
Malware (malicious softwear) adalah sebuah program yang dirancang untuk merusak sistem komputer secara tersembunyi dengan tujuan mengubah atau mencuri data dari komputer yang terinfeksi.
Malware itu sendiri memiliki sifat dan tujuan yang berbeda-beda meskipun semua malware jahat dan merugikan pengguna komputer yang terinfeksi. malware itu sendiri bisa berupa virus, worm, trojan, rookit, backdor, spywear dan lain sebagainya.

Cara Atasi Malware di Komputer / laptop

proses masuknya malware di komputer biasanya disisipkan pada sebuah program atau softwear yang kita unduh dan install, jadi bagi kia yang belum pernah terinfeksi malware harus hati-hati ketika mengunduh softwear terutama softwear yang gratisan, bisa juga malware masuk melalui email yang tidak jelas sumbernya, hindari membuka email yang tidak diketahui sumbernya terutama yang berisi file .exe
Bagi yang pernah atau bahkan lagi mengalami serangan malware berikut beberapa langkah mengatasinya.

1. Update windows
Sebuah windows yang jarang atau sama sekali tidak pernah update sangat rentan terkena serangan malware, karena update itu sendiri berfungsi memperbaharui komponen-komponen pada sitem operasi yang berguna menutup celah keamanan yang mudah dimasuki malware.
2. Install dan Scan dengan anti malware 
Bagi komputer yang sudah ada anti malwarenya bisa langsung scan, tapi yang belum ada harus download dan instal anti malware, beberpa anti malware yang terpercaya seperti Malwarebytes, HijackThis, Adware yang mampu mendeteksi dan menghapus malware meskipun versi yang trial, saya sendiri merekomendasikan pakai Malwarebytes, silahkan download disitus resminya malwarebytes.org.
Untuk lebih amanya silahkan download dan scan lewat safe mode, caranya:
  • bagi pengguna windowa 7 ke bawah, restart komputer dan tekan F8 beberapa kali sampe masuk safe mode pilih safe mode with networking, kemudian download dan instal malwarebytes, setelah itu langsung scan.
  • bagi pengguna windows 8/8.1 bisa masuk safe mode lewat sistem configuration (ms config), 
Baca Juga: Masuk Safe Mode di Windows 8/8.1 dengan Mudah dan Aman
  • Setelah masuk safe mode langsung scan.
3. Bersihkan File internet
Bersihkan file interet, cookies dan sebagainya,bisa secara manual lewat pengaturan browser atau lebih cepat pakai CC cleaner, bila perlu instal ulang browser anda.
4. Instal Ulang Windows
Jika ketiga langkah diatas belum mampu mengatasi malware, jalan terakhir dengan instal ulang windows.

Demikian cara mengatasi malware di komputer (laptop) dengan cepat, semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish