Cara Menghitung Jumlah Kata Pada Artikel Blog Dengan Mudah dan Akurat

Cara Menghitung dan Mengetahui Jumlah Kata Pada Artikel Blog Dengan Mudah

Membuat artikel yang berkualitas menjadi salah satu cara meningkatkan trafik pengunjung blog. Apa itu artikel yang berkualitas?, artikel yang berkualitas adalah artikel yang memberikan informasi secara lengkap dan detail kepada pembacanya, sehingga pengunjung blog akan menghabiskan waktu berlama-lama di depan blog / webiste kita tanpa merasa jenuh.

Salah satu ciri artikel berkualitas yaitu terdapat minimal 300-500 kata pada artikel tersebut, artikel yang singkat dan hanya memiliki jumlah kata dibawah 300 kurang diminati pembaca, karena pembahasan yang ada dalam artikel tersebut terkesan dangkal dan tentu saja pengunjung akan menilai blog anda kurang serius. Lantas bagaimana cara mengecek dan mengetahui jumlah kata pada artikel blog kita?

Proses mengetahui jumlah kata pada artikel yang kita buat tentu tidak dengan cara menghitung secara manual langsung pada artikel tersebut, tetapi kita membutuhkan tools atau alat yang bisa menghitung kata secara otomatis. Ada 2 cara untuk menghitung jumlah kata pada postingan artikel secara otomatis, yaitu cara online dan cara offline.

Menghitung Jumlah Kata Pada Artikel Secara Online

Untuk menghitung dan mengetahui jumlah kata pada artikel secara online, kami rekomendasikan 2 website yang menyediakan tools untuk menghitung jumlah kata pada artikel, kedua tool inicukup mudah dan akurat dalam penggunaanya.

1. Word Counter 
Word counter memiliki fitur yang cukup lengkap dan akurat dalam menghitung jumlah kata dan karakter pada sebuah kalimat atau artikel, kelebihan tools/website ini yaitu lebih mudah dipahami karena memiliki tampilan yang simpel. Cara menggunakannya tinggal kita tulis atau paste/tempel artikel yang akan kita hitung, dan secara otomatis akan diketahui jumlah kata, karakter, paragraf dan bahkan keyword density pada artikel tersebut, dan untuk mengetahui informasi lainnya kita tinggal klik tombol more dan setting apa yang kita butuhkan.

Cara Menghitung dan Mengetahui Jumlah Kata Pada Artikel Blog Dengan Mudah



2. Word Count Tool
Word count tool memberikan tampilan informasi lebih lengkap dibandingkan word counter, meskipun pada dasarnya sama, yang membedakan world count tool menampilkan informasi lengkap secara langsung tanpa perlu settingan selanjutnya. Untuk cara penggunaanya juga kita hanya perlu mengetik atau menempel artikel, selanjutnya tools ini akan menghitung secara otomatis.

Cara Menghitung dan Mengetahui Jumlah Kata Pada Artikel Blog Dengan Mudah

Kedua tools atau website diatas biasa saya gunakan setiap kali membuat artikel, sehingga artikel yang kita buat tidak sampai terkesan dangkal dan tidak juga terlalu gemuk dan berat.

Cara Menghitung Jumlah Kata Pada Artikel Secara Offline

Tools atau softwear yang bisa kita gunakan secara offline untuk menghitung jumlah kata dan paragraf pada artikel yaitu Microsoft Word, informasi yang kita dapatkan tidak selengkap ketika kita menggunakan tools atau atau website online.

Microsoft word hanya bisa memberikan informasi jumlah halaman, kata, paragraf, karakter dan lines, untuk informasi keyword density tidak tersedia.
Berikut cara menggunakan Microsoft Word untuk menghitung jumlah kata pada artikel,
#1. Buka microsoft word
#2. Tempel/ paste artikel yang akan kita hitung
#3. Lihat di pojok kiri bawah, akan terlihat jumlah kata pada artikel tersebut

Cara Menghitung dan Mengetahui Jumlah Kata Pada Artikel Blog Dengan Mudah

Untuk mengetahui jumlah karakter dan paragraf, ikuti langkah selanjutnya
#4. Klik Review
#5. selanjutnya klik Wor Count
#6. Lalu akan ditampilkan Wordcount dalam bentuk pop up, seperti gambar dibawah.

Cara Menghitung dan Mengetahui Jumlah Kata Pada Artikel Blog Dengan Mudah

Demikian Cara Menghitung dan Mengetahui Jumlah Kata Pada Artikel Blog, Semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish